Sukses

4 Penyebab Gangguan Tidur yang Umum Anda Alami

Berikut empat hal yang menyebabkan gangguan pola tidur seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah anda mengalami kesulitan tidur? Atau tidak merasa segar saat bangun pagi? Lalu, apa saja hal-hal yang dapat membuat Anda mengalami kesulitan tidur?

Faktor-faktor penyebab gangguan tidur menurut buku Perry dan Potter, Fundamental of Nursing, diantaranya gaya hidup, lingkungan yang tidak nyaman, emosi yang tidak stabil, pola tidur mengantuk di siang hari, kelelahan dan latihan fisik, serta asupan makanan dan kalori. 

Berikut empat penyebab gangguan tidur yang umum dialami seseorang:

1. Gaya Hidup

Gaya hidup merupakan rutinitas harian yang dapat memengaruhi tidur seseorang. Konsumsi alkohol, rokok, dan kebiasaan menonton televisi di malam hari juga berdampak pada kualitas tidur seseorang.

2. Lingkungan

Selain gaya hidup, lingkungan adalah faktor yang paling penting untuk seseorang dapat tertidur lelap. Lingkungan yang berisik, terlalu panas, atau terlalu dingin dapat mengurangi kenyamaan seseorang.

3. Psikologis

Kecemasan dan perasaan stres juga dapat mengganggu pola tidur seseorang. Hal ini sangat mudah sekali memicu timbulnya stres dan cemas.

Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika oleh National Commision on Sleep Disorder Research tahun 1993 disebutkan bahwa banyak orang Amerika yang mengalami kesulitan tidur pada malam hari dan mengantuk pada siang hari. Hal ini menyebabkan banyak permasalahan seperti sukar konsentrasi, masalah perilaku, dan masalah emosional.

4. Aktivitas

Seseorang yang kelelahan dalam tahap sedang, biasanya memiliki tidur yang baik. Namun seseorang yang terlalu lelah dan dipicu dengan stres yang tinggi, akan menyebabkan keletihan dan kesulitan untuk tertidur. Selain itu, asupan makanan juga dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Selain itu, kafein dan alkohol yang dikonsumsi di malam hari dapat mengganggu pola tidur seseorang.

Kebanyakan orang memerlukan tidur sebanyak 7-8 jam. Akan tetapi, lama waktu tidur masing-masing individu berbeda. (Ruby Larasaty)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gangguan tidur merupakan segala bentuk kondisi ketika proses tidur secara baik dan sempurna seseorang tidak terpenuhi.

    Gangguan Tidur

Video Terkini