Sukses

Jangan Suka Simpan Rahasia, Bahaya!

Secara psikologis, ternyata menyimpan rahasia bisa memicu lonjakan hormon stres kronis yang menimbulkan banyak penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah orang bersumpah untuk menjaga rahasia tertentu hingga meninggal dunia. Secara psikologis, ternyata langkah ini bisa memicu lonjakan hormon stres kronis yang menimbulkan banyak penyakit.

Seperti diberitakan Menshealth, Sabtu (9/5/2015) Asisten Profesor di UCLA Semel Institute untuk Ilmu Neuroscience dan Perilaku Manusia, Dr Reef Karim mengatakan menjaga rahasia bisa berdampak pada kesehatan Anda.

"Para peneliti menemukan, menyimpan rahasia dapat memicu lonjakan hormon stres kronis, khususnya kortisol yang dapat menyebabkan semua jenis masalah kesehatan seperti masalah pencernaan, sistem kekebalan tubuh yang lemah, tekanan darah tinggi dan pikun," kata ahli bedah saraf di Duke University di Amerika Serikat, Dr Gopal Chopra.

Kenapa ini begitu berbahaya? Karim menerangkan, menyimpan rahasia identik dengan bohong. Bohong itu menyesatkan dan memunculkan energi negatif dalam tubuh.

"Curhat membantu Anda terhindari dari stres, rasa bersalah dan sebagainya. Cara lainnya Anda juga bisa menulis pengalaman," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini