Sukses

Selain Membaui, Ini 5 Manfaat Hidung

Indra penciuman membantu Anda merasakan emosi orang lain hingga memprediksi umur.

Liputan6.com, New York- Baik pesek atau mancung, fungsi utama hidung untuk bernapas sekaligus membaui aroma. Sehingga kita bisa membedakan mana wangi aroma masakan, wangi bunga, hingga busuknya sampah.

Namun, tahukah Anda bahwa kemampuan hidung tidak hanya membaui hal-hal seperti di atas tapi juga seperti enam hal berikut seperti dilansir Prevention, Kamis (7/5/2015). 

1. Mampu merasakan emosi orang lain
Tidak hanya menangkap emosi, tapi juga mampu merasakannya seperti studi dalam Psychological Science. Lewat penciuman hidung, Anda bisa tahu orang lain sedang merasakan jijik bahkan hasrat seksual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa memprediksi umur

2. Bisa memprediksi umur
Orang yang memiliki kesulitan dalam membaui aroma orange atau peppermint sekitar 20 persen diantaranya akan meninggal dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.
Menurut studi University of Chicago, Amerika Serikat kehilangan kemampuan untuk mengidentifikasi bau menjadi tandap peringatan awal terjadinya gangguan kesehatan.

3. Membantu mengingat kenangan
Pernahkan Anda mencium aroma parfum seseorang dan kemudian teringat dengan kenangan bersama mantan kekasih karena ia menggunakan parfum yang sama? Jika iya, hal-hal ini memang dapat dijelaskan secara ilmiah. Menurut penelitian di jurnal Nature, ada daerah di otak yang terlibat dengan memoring jangka panjang dan ini terlibat dengan kemampuan penciuman.

3 dari 3 halaman

Bangun kenangan baru

4. Bangun kenangan baru
Sama seperti poin nomor 3 bahwa aroma dapat membangkitkan kenangan lama, aroma dapat membuat sebuah kenangan baru.

5. Sulit merasakan makanan tanpa aroma
Menurut laporan dari University of Nebraska, Amerika Serikat kemampuan merasakan sebenarnya terbantu dari indra penciuman. Contohnya, saat hidung tersumbat makanan jadi kurang terasa nikmat karena penciuaman terganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini