Sukses

4 Resep Bawang Putih untuk Atasi Flu

Bawang putih telah digunakan nenek moyang kita secara tradisional untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih telah digunakan nenek moyang kita secara tradisional untuk menyembuhkan banyak penyakit. Khasiat bawang putih seperti mengobati demam, batuk, sakit perut, sakit kepala, sinusitis, masalah pernapasan, tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, gula darah rendah, kolesterol tinggi dan bahkan sebagai penawar bisa ular ini telah banyak dimanfaatkan sejak lama.

Hebatnya lagi, keluarga umbi ini juga memiliki manfaat kesehatan lain seperti menangkal kanker usus besar, kanker payudara, kanker dubur, kanker prostat, kanker paru-paru, serta kanker kandung kemih.

Konsumsi bawang putih juga sering dikaitkan untuk mencegah stres dan obat pereda flu terbaik. Bagaimana caranya? simak ulasannya, seperti dikutip Boldsky, Rabu (6/5/2015) berikut ini:

1. Makan mentah

Mengunyah beberapa siung bawang putih dalam 3-4 jam, dapat membantu tubuh menangkal virus. Anda juga dapat mencincang bawang putih dan mencampurnya dengan madu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Campur lemon

2. Campurkan dalam segelas air lemon

Bawang putih dan air lemon adalah cara terbaik untuk menyingkirkan racun di tubuh. Minuman ini paling efektif bila dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong.

Caranya, ambil lemon, potong menjadi dua bagian dan peras dalam segelas air. Masukkan sedikit kulit lemon yang dihaluskan untuk mendapatkan vitamin C dan antioksidannya. Diamkan selama beberapa menit. Sekarang tambahkan air hangat dan konsumsi bersama bawang putih.

3. Campurkan dalam jus jeruk

Cara lain yang efektif menangkal penyakit adalah mengonsumsi bawang putih dengan jus jeruk. Ambil 4-5 siung bawang putih dan iris hingga tipis. Diamkan selama sekitar 10-15 menit kemudian telan bawang putih dengan bantuan jus.

Pastikan Anda memulainya saat tahu ada tanda-tanda flu. Jika sudah terkena flu, ulangi langkah ini selama beberapa beberapa hari sebelum tidur.

4. Tambahkan pada setiap makanan

Tambahkan beberapa buah bawang putih ke dalam sup untuk mempercepat pemulihan flu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini