Sukses

Mengenal Multiple Sclerosis yang Menggerogoti Tubuh Pepeng

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Multiple Sclerosis (MS) yang menyerang Pepeng/

Liputan6.com, Jakarta Komedian Pepeng meninggal dunia akibat Multiple Sclerosis (MS) yang menggerogoti tubuhnya selama 10 tahun. Selama kurun waktu itu dihabiskan pemilik tagline `Jare-Jare` untuk melakukan beragam perawatan.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Multiple Sclerosis (MS) yang membuat komedian meninggal dunia di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/5/2015).

MS merupakan penyakit yang membuat sistem imun si penderita menyerang selubung saraf yang disebut myelin. Akibat kerusakan ini, komunikasi antara otak dengan seluruh tubuh jadi terganggu.

Dikutip dari situs Mayo Clinic, Rabu (6/5/2015), hingga saat ini belum ada satu pun cara untuk memulihkan kondisi MS ini. Oleh karena itu, orang dengan MS yang tergolong para bisa kehilangan kemampuan berjalan atau lumpuh karena saraf tidak bekerja dengan semestinya dan otak tidak dapat mengirim sinyal dengan benar.

Sebagian lainnya mengalami kesemutan, mati rasa, sampai pandangan jadi kabur. Dibanding pria, MS lebih banyak menyerang wanita. Perbandingannya 2:1. Gejalanya bervariasi tergantung jumlah kerusakan, dan saraf mana yang terganggu.

Meski MS bukanlah penyakit keturunan, tapi faktor genetik bisa meningkatkan risiko.

Sama seperti bagaimana cara memulihkannya, penyebab pasti dari MS sendiri belum ada satu ilmuwan pun yang bisa menjelaskannya. Teori yang paling banyak digunakan selama ini adalah kombinasi faktor genetik dan lingkungan, atau faktor virus.

Menurut mereka, pengidap diabetes tipe 1, gangguan tiroid, dan inflammatory bowel disease lebih berisiko terserang MS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini