Sukses

Makan Buah Justru Membuat Nafsu Makan Melonjak?

Mengonsumsi buah secara rutin justru membuat nafsu makan seseorang melonjak.

Liputan6.com, Jakarta - Sungguh mengejutkan, peneliti dari University of Southern California mengatakan, mengonsumsi buah secara rutin justru membuat nafsu makan seseorang melonjak.

Padahal dulu, para ahli gizi selalu menenkankan untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Menurut mereka, fruktosa yang tersimpan di dalam buah sama seperti yang terdapat di madu dan pemanis buatan di dalam sekaleng minuman bersoda, yang memicu rasa lapar dan keinginan untuk menyantap makanan lebih banyak.

Sewaktu melakukan penelitian, para peneliti fokus bagaimana otak dan tubuh merespons dua jenis gula, glukosa dan fruktosa. Mereka pun melibatkan 24 wanita dan pria untuk menjadi respondens.

Selama beberapa waktu, para respondens diminta untuk melakukan scan otak di pagi hari sebelum sarapan. Pada satu kesempatan, mereka mengonsumsi minuman yang diberi pemanis fruktosa, dan di lain kesempatan diberi minuman manis dengan gula.

Setelah itu, peneliti melakukan tes darah untuk mengukur kadar hormon yang membantu mengontrol nafsu makan, dan dilakukan scan otak untuk kesekian kali.

Ketika relawan ditunjukkan foto makanan termasuk pizza, dan benda-benda seperti lampu, sebelum lapar keinginan mereka untuk makan snagatlah besar.

"Hal ini memungkinkan kita untuk melihat bagaimana mengonsumsi fruktosa dibandingkan dengan bagaimana glukosa memengaruhi otak, hormon, dan merespons rasa lapar," kata Profesor Page dikutip Daily Mail, Rabu (6/5/2015)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini