Sukses

Anak Pertama Biasanya Lebih Pintar dari Adiknya?

Bagi Anda yang lahir sebagai anak pertama, mungkin boleh bangga.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang lahir sebagai anak pertama, mungkin boleh bangga. Sebuah penelitian yang dilakukan di New York menemukan, anak pertama cenderung lebih pintar dibandingkan adik-adiknya.

Seperti dimuat laman CNN, Rabu (6/5/2015) Badan Riset Ekonomi di Amerika (National Bureau of Economic Research) bahkan mencatat kesimpulan sejumlah studi tentang anak pertama ini.

Dalam studi terbaru disebutkan, anak pertama jauh lebih bertanggung jawab karena orangtuanya lebih tegas. Inilah yang membuat mereka pintar dan berprestasi juga di sekolah.

Editor majalah Time, Jeffrey Kluger berkomentar, orangtua memang cenderung lebih memanjakan anak kedua atau ketiga, inilah yang sering menjadi kelemahan mereka.

Yang menarik, penelitian sebelumnya juga menemukan kalau anak pertama memiliki IQ lebih tinggi karena mereka punya waktu lebih banyak bersama orangtua dibandingkan adiknya.

"Ucapan orangtua mempengaruhi perlakuan verbal dan non verbal anak-anak sehingga memiliki efek yang cukup signifikan terhadap tumbuh kembangnya," kata Dr Richard Gallagher dari New York University Child Study Center.

Profesor Psikiatri ini menambahkan, perhatian tidak boleh hanya diberikan pada satu anak. "Tidak peduli urutan kelahiran mereka, mengajari anak dengan mengatakan mereka semua yang terbaik, itu yang penting," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.