Sukses

RS Port Hospital Center Surabaya Edukasi Cuci Tangan Yang Benar

RS PHC Surabaya memperingati Hari Cuci Tangan se-Dunia dengan mengedukasi pasien, keluarga pasien dan tim perawat serta karyawan rumah sakit

Liputan6.com, Jakarta Pada peringatan Hari Cuci Tangan se-Dunia yang jatuh pada 5 Mei 2015, Rumah Sakit Port Hospital Center (PHC) yang berada di Jalan Prapat Kurung Selatan No 1, Tanjung Perak Surabaya, mengadakan kegiatan edukasi cuci tangan yang baik dan benar pada seluruh pasien, keluarga pasien serta para perawat atau karyawan rumah sakit.

Kegiatan tersebut dilakukan Tim Pencegah dan Penangulangan Infeksi (PPI) secara berkeliling. Mereka menemui pasien dan keluarga dari mulai lantai dasar hingga lantai 3 di ruang rawat inap anak, serta membagikan 500 pack sabun antiseptik yang berbasis alkohol.

"Kami di sini selalu memberikan edukasi setiap hari, pagi dan sore, di mana seluruh perawat yang bertugas memberikan pengarahan yang dipandu oleh operator dengan menggunakan pengeras suara," kata Kepala Unit Pencegahan dan Penanggulangan Infeksi, Dr Tjipto Wibowo, Selasa (5/5/2015).

Dokter spesialis paru ini menambahkan, banyak kuman yang dihasilkan dari sentuhan tangan di lingkungan rumah sakit, di mana hal tersebut akan dengan cepat menular terhadap pasien hingga menghambat proses penyembuhan.

"Pasien sangat rentan dengan penularan tangan. Bila kita tidak steril, ini akan lebih cepat menular dan membuat pasien lebih lama untuk sembuh," tandasnya.

Sementara itu, orang tua pasien rawat inap Najuwa (4), Levi Ambarwati, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat mengedukasi, masyarakat jadi tahu bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar.

"Saya akan ajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada keluarga saya di rumah, terutama kepada kedua anak saya," pungkasnya.

Berikut 6 cara cuci tangan yang baik dan benar:

1. Tuangkan antiseptik ke telapak tangan lalu gosok hingga merata.

2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.

3. Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari.

4. Jari-jari kedua tangan saling mengunci.

5. Gosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.

6. Gosokkan dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.