Sukses

5 Saran Ahli agar Sikat Gigi Tetap Bersih

Ada beberapa hal yang wajib diketahui untuk menjaga kesehatan sikat gigi.

Liputan6.com, London - Sikat gigi merupakan senjata untuk membersihkan gigi setiap pagi dan malam. Sehingga menjaga kebersihan sikat gigi penting untuk dilakukan. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara untuk menjaga kebersihan gigi.

Oleh karena itu, juru bicara American Dental Association dan juga dokter gigi di San Antonio, Maria Lopez Howell membeberkan cara menjaga kebersihan sikat gigi seperti dilansir Women's Health, Selasa (5/5/2015).

1. Bersihkan sikat gigi setiap hari
Segera bilas sikat gigi usai dipakai menggosok gigi dari sisa pasta gigi maupun makanan yang tertinggal.

2. Ganti sikat gigi usai sakit
Belum ada bukti bahwa tidak mengganti sikat gigi bisa membuat sakit lagi. "Tapi mengapa tidak mengganti sikat gigi untuk melindungi kesehatan," terang Howell.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganti sikat gigi

3. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali
Sikat gigi yang terlalu lama digunakan membuat bulu sikat rusak dan menurut Howell ini menandakan sikat gigi tersebut tidak maksimal membersihkan plak di gigi. Paling efektif untuk mengganti sikat gigi tiga atau empat bulan sekali.

4. Hindari menyimpan sikat gigi dekat toilet
Menyimpan sikat gigi di dekat toilet bisa membuat bakteri lebih mudah menempel di sikat gigi.

5. Jangan berbagi sikat gigi
Berbagi sikat gigi meningkatkan risiko terkena infeksi. "Setiap orang memiliki jumlah bakteri yang berbeda-beda di dalam mulut," terang Howell.

 

 

Baca Juga:

Bahaya Sikat Gigi Terlalu Keras

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini