Sukses

Jangan Sedih, Perkawinan Jarak Jauh Ada Manfaatnya

Perkawinan jarak jauh membuat seseorang jadi kurang cemas dan tidak depresi dibandingkan yang tinggal satu atap.

Liputan6.com, New York- Dibalik rasa rindu yang menggebu terhadap pasangan yang jauh di sana, ternyata ada manfaatnya. Sebuah studi dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa perkawinan jarak jauh membuat seseorang jadi kurang cemas dan tidak depresi dibandingkan yang tinggal satu atap.

"Perkawinan seperti ini membuat kehidupan keduanya berjalan lebih baik. Mereka mendapatkan kebebasan untuk mengejar tujuan masing-masing, serta tidur cukup. Sehingga pada saat yang sama mereka menuai keuntungan hubungan yang saling mendukung," terang salah satu peneliti dari The Family Institute di Northwestern University, Steve Du Bois.

Lalu, pasangan yang bahagia menjalani perkawinan jarak jauh kesehatannya lebih baik.

Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan survei terhadap 296 pasangan yang menikah, sepertiganya menjalani perkawinan jarak jauh.

Baik pasangan yang menjalani perkawinan jarak jauh maupun yang tinggal satu rumah merasakan kepuasan perkawinan meski ada perbedaan di dalamnya.

Pasangan yang menjalani perkawinan jarak jauh ternyata memiliki kesehatan yang lebih baik. Seperti lebih sedikit mengalami kecemasan, depresi dan kelelahan. Pola makan dan kebiasaan olahraga pun lebih baik.

Namun, pasangan yang hidup bersama-sama memiliki kehidupan seks lebih sering dan stres dalam hubungan lebih sedikit seperti dilansir Today, Selasa (5/5/2015).

Untuk bisa mendapatkan hubungan berkualitas meski memiliki jarak berjauhan, Du Bois mengingatkan bagi pelakunya dapat bekerja dengan baik asal masing-masing pasangan mengatur kesepakatan demi kebahagiaan bersama. Yakni menikmati kebebasan namun tetap fokus pada hubungan.

 

Baca Juga:

8 Trik Rahasia untuk Hubungan Jarak Jauh

Rahasia Utama Langgengkan Perkawinan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini