Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

6 Langkah Mudah Jaga Kebersihan Kelamin

Dalam mencegah penularan penyakit, penting menjaga kebersihan kelamin baik laki-laki dan perempuan

Liputan6.com, Jakarta Dalam mencegah penularan penyakit, penting menjaga kebersihan kelamin baik laki-laki dan perempuan. Untuk itu, berikut ini beberapa tips dalam menjaga kebersihan alat kelamin sehingga Anda bisa menikmati seks yang menyehatkan, seperti dikutip Times of India, Selasa (5/5/2015):

1. Bagi wanita, penting dicatat arah mencuci alat kelamin Anda. Disarankan untuk mencuci kelamin dari vagina ke arah anus untuk mencegah transfer kuman dari anus ke vagina serta menghindari infeksi jamur.

2. Untuk pria, usahakan mencuci penis dengan air hangat. Cuci juga bagian kulup yang rentan terhadap bakteri dan sel-sel mati serta cairan tubuh.

3. Kedua pasangan harus mencuci tangan dan membersihkan kuku, sebelum dan setelah berhubungan seks untuk mencegah perpindahan kuman dan bakteri ke alat kelamin masing-masing.

4. Pangkas bulu di sekitar kelamin. Cuaca hangat seperti kemarau ini menimbulkan panas dan keringat sehingga menyebabkan bisul dan masalah kulit lainnya.

5. Untuk mencegah keputihan dan bau vagina tak sedap, wanita harus menghindari bercinta saat menstruasi dan dua hari setelah menstruasi.

6. Hindari oral seks jika pasangan Anda memiliki luka di sekitar mulut atau dekat alat kelamin. Oral seks berisiko menularkan penyakit menular seksual.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.