Sukses

5 Jenis Kacang-kacangan yang Tak Membuat Gemuk

Kacang-kacangan adalah makanan pokok dengan kandungan serat, protein, zat besi, kalsium, zink, dan zat gizi lain.

Liputan6.com, Jakarta Kacang-kacangan adalah makanan pokok dengan kandungan serat, protein, zat besi, kalsium, zink, dan zat gizi lain yang membantu seseorang dalam proses penurunan berat badan, serta mencegah berbagai jenis penyakit.

Berikut 5 daftar kacang-kacangan sehat yang harus Anda konsumsi bila sedang menjalani program penurunan berat badan, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (5/5/2015):

1. Buncis

Buncis merupakan sumber serat, protein, dan memiliki kandungan zat gizi yang beragam. Mulai dari mangan, folat, tembaga, fosfor, dan zat besi.

Makan buncis dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat), meningkatkan energi, menstabilkan gula darah, dan antioksidan.

2. Lentil

Lentil mengandung serat, nutrisi seperti folat, B6, dan magnesium. Lentil tidak memerlukan perendaman, namun tetap cepat dan sehat.

3. Kacang polong

Kacang polong merupakan sumber yang sangat baik untuk asupan serat makanan, mangan, protein, folat, thiamin, kalium, dan fosfor. Polong membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

Kacang polong berguna meningkatkan energi dan menstabilkan gula darah.

4. Kacang merah

Kacang merah menawarkan sumber folat, serat, mangan, protein, zat besi, fosfor, tembaga, kalium, magnesium, vitamin B1 dan K. Kacang merah dapat menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan memori, dan memberikan manfaat antioksidan.

Kacang merah harus dimasak sebelum dimakan.

5. Kacang tanah

Kacang tanah kaya akan lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang cocok dikonsumsi ketika menjalani pola diet Mediterania.

Kacang merupakan sumber protein, vitamin E, niacin, folat, dan mangan. Kacang tanah juga mengandung resveratol, antioksidan yang ditemukan di dalam buah anggur dan anggur merah.

Studi menunjukkan, kandungan antioksidan tinggi yang terdapat di kacang bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.