Sukses

5 Tips Tetap Aman Jajan di Pinggir Jalan

walaupun makanan di pinggir jalan cenderung tidak higienis dan berbahaya bagi kesehatan, ada beberapa tips mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang mungkin suka jajan di pinggir jalan. Variasi makanan yang lezat ditambah harganya yang murah, siapa yang mampu menangkalnya?

Ya, walaupun makanan ini sering bertolak belakang dengan kesehatan karena cenderung tidak higienis dan berbahaya bagi kesehatan, ada beberapa tips untuk mengatasinya. Lebih jelasnya, di bawah ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba, seperti dimuat laman Boldsky, Selasa (5/5/2015) seperti:

1. Menghindari makanan pedas

Tidak ada yang tahu, bahan cabai yang digunakan penjual seperti apa. Jika ingin mengonsumsi makanan pedas, lebih baik hindari jajan pedas saat siang hari. Dan pastikan konsumsi makanan pedas dalam jumlah terbatas untuk mencegah sakit perut.

2. Konsumsi air minum dalam kemasan

Meski Anda harus membayar lebih, namun cara ini lebih aman. Kita tidak pernah tahu, apakah air minum yang diberikan selalu higienis dan matang.

3. Cuci tangan

Pastikan Anda mencuci tangan dengan bersih sebelum dan setelah makan di pinggir jalan. Risiko infeksi menyebar lebih cepat di tempat-tempat tersebut, jadi tidak ada salahnya mencegah penyakit, bukan?

4. Amati kebersihan sebelum makan

Sebelum Anda memesan makanan, pastikan piring dan gelas yang digunakan dalam keadaan bersih. Jika kotor atau tidak higienis, lebih baik mencari tempat lain.

5. Hindari mengonsumsi daging

Daging harus dimasak dan dan diproses dengan benar sebelum disajikan. Jadi, makan daging di sebuah restoran mungkin lebih baik daripada makan daging di pinggir jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini