Sukses

Tiga Rahasia Utama Panjang Umur

Sebuah penelitian yang baru dipublikasikan dalam Skandinavia Cardiovascular Journal menemukan tiga cara mudah agar manusia panjang umur

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang baru dipublikasikan dalam Skandinavia Cardiovascular Journal menemukan tiga cara mudah agar manusia panjang umur dan sehat selalu. Berhenti merokok, menjaga kolesterol, dan mengonsumsi kopi tidak lebih dari empat cangkir sehari.

Seperti diberitakan News, Selasa (5/5/2015) para peneliti dari University of Gothenburg menganalisis data pada 855 pria Swedia yang lahir pada tahun 1913, termasuk 10 orang yang telah merayakan ulang tahun ke 100.

Dr Lars Wilhelmsen yang telah terlibat dalam penelitian selama 50 tahun terakhir, mengatakan, studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup setelah usia 50. Hasilnya cukup menarik.

"Rekomendasi kami tidak jauh dari berhenti merokok, menjaga kadar kolesterol dan membatasi diri untuk mengonsumsi empat cangkir kopi sehari. Dengan tiga kebiasaan tersebut, 27 persen dari peserta penelitian bertahan sampai usia 80 dan 13 persen mencapai usia 90 tahun," kata Wilhelmsen.

Di sisi lain, kata Wilhelmsen, sejumlah kematian yang terjadi setelah usia 80, 42 persennya mengalami penyakit jantung, 20 persen infeksi, 8 persen stroke, 8 persen kanker, 6 persen pneumonia, dan 16 persen karena alasan lainnya.

"Faktor genetik tampaknya menjadi salah satu alasan kuat mereka panjang umur. Tapi saya rasa, genetik ini lebih lemah dari faktor-faktor lainnya. Sebab faktor fisik dan mental juga sangat berpengaruh. Saya lihat, mereka yang hidup lebih lama senang menjalani hidupnya," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.