Sukses

Yang Harus Dilakukan Usai Kelahiran Anak dan Kurang Istirahat

Minggu-minggu pertama mengurus buah hati akan melelahkan bagi banyak ibu, begini triknya agar tetap bugar di saat tersebut.

Liputan6.com, London - Kebahagiaan tak terperi ketika akhirnya sang bayi lahir ke dunia dengan sehat dan selamat. Namun, baik ayah atau ibu pasti sudah tahu bakal berkurang waktu tidurnya.

Menurut National Sleep Foundation, rata-rata orang dewasa butuh tujuh sampai sembilan jam tidur. Namun bagi orangtua baru, sebagian besar kehilangan waktu tidur dua jam setiap harinya hingga bayi berusia lima bulan. Waktu istirahat orangtua akan berkurang hingga anak berusia dua tahun.

Saat-saat sulit akan dialami terutama pada minggu-minggu awal menjadi ibu. Oleh karena itu pakar yang mendalami tentang tidur dan istirahat, dokter Nerina Ramlakhan berbagi tips untuk mengatasi hal tersebut seperti dilansir Daily Mail, Selasa (5/5/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istirahat adalah prioritas

1. Istirahat adalah prioritas
Ini adalah salah satu hal yang sulit dilakukan bagi ibu baru, namun beristirahat di siang hari bisa mengurangi kualitas tidur di malam hari. Tapi bila pada malam hari Anda harus terbangun karena mendengar tangis bayi kemudian menenangkannya lanjutkan untuk beristirahat kembali. Caranya dengan minum segelas air, makan sepotong buah, lakukan peregangan dan tutup mata. Istirahat sejenak mampu memperbaharui energi secara fisik dan mental.

2. Kurangi cahaya
Sering terjaga beberapa kali di malam hari untuk mengganti popok maupun menyusuinya sering membuat ibu kesulitan untuk kembali tidur. Persiapkan segala popok di dekat Anda sehingga proses ini berjalan cepat. Lalu, agar Anda segera tertidur pastikan cahaya di dalam kamar tidak terlalu terang. Ini akan memudahkan Anda kembali tidur.

3 dari 3 halaman

Jika tak dapat tidur

3. Jika tidak dapat tidur, rilekskan tubuh
Bila sulit untuk kembali tudur, gunakanlah untuk bersantai. Katakan pada diri sendiri, "Tidak masalah bila saya tidak tidur malam ini, saya beristirahat saja." Bisa juga untuk mengisinya dengan membaca buku, minum secangkir teh atau susu hangat.

4. Wewangian untuk tidur lebih lelap
Meski sibuk mengurus anak, jangan lupakan diri Anda sendiri. Mandi rutin setiap sore hari sekitar 10 menit adalah cara untuk relaksasi. Coba tambahkan minyak lavender untuk membantu mendatangkan kantuk.

5. Penuhi nutrisi ibu
Untuk mendapatkan tidur baik, ada hormon-hormon dalam tubuh yang perlu diseimbangkan yakni serotonin dan melatonin. Untuk meningkatkan kadar hormon tersebut penuhi Vitamin B6 dan triptofan yang banyak ditemui dalam ayam, keju, tahu, ikan, tuna, telur, kacang-kacangan dan susu.
Minum segelas susu sebelum tidur, dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.