Sukses

Impotensi Akibat Diabetes? Simak Tips Berikut

Diabetes bisa saja menjadi biang keladi munculnya impotensi.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes bisa saja menjadi biang keladi munculnya impotensi. Sebab penyakit kronis ini menyebabkan naiknya gula darah sehingga menganggu penyempitan pembuluh darah di organ vital pria.

Seperti dituliskan Tim Soyjoy dalam buku Diabetes and Me yang menyebutkan, kondisi komplikasi diabetes dapat memengaruhi terganggunya aliran darah dari pembuluh darah besar ke penis. Akibatnya, diabetesi bisa gagal ereksi karena tidak memadainya impuls pengisian darah ke organ vital pria.

Tapi jangan terlalu khawatir, karena jangan-jangan pemicu impoten justru diakibatkan oleh faktor psikologis. Misalnya, masa lalu pria yang buruk, tidak memiliki pendidikan seks, tidak percaya diri di depan pasangan, komunikasi dengan pasangan sedang tidak baik, diliputi ketegangan pikiran akibat masalah keuangan, pekerjaan, perselingkuhan, khawatir hubungan seks bakal membuat pasangan hamil dan khawatir impoten atau ejakulais dini. Kaitannya dengan diabetes?

"Diabetes dapat mengganggu faktor psikologis pria dengan meningkatkan kecemasan, depresi, dan menurunkan rasa percaya diri. Nah, untuk dapat mengendalikannya, maka kenali faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Lakukan juga pemeriksaan gula darah, mengenal gejalanya dan cara mengatasinya," tulis buku tersebut, dimuat Liputan6.com, Senin (4/5/2015).

Olahraga teratur bisa jadi solusi karena kegiatan ini membuat pria lebih bugar dan bertenaga. Olahraga juga bisa melancarkan aliran darah dan memperbaiki kondisi kadar gula darah. Selain itu, jauhi obat kuat yang dijual bebas di pasaran. Pastikan hanya mengonsumsi obat medis berdasarkan petunjuk dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini