Sukses

Otak Lelah dan Pikiran Tumpul? Minumlah Ini

Setelah 30 menit minum teh, aktivitas saraf manusia meningkat.

Liputan6.com, London - Apakah Anda gemar bersantai sambil minum teh? Jika iya, berarti langkah Anda selama ini agar kinerja otak meningkat sudah benar. Setidaknya itu yang diungkapkan para peneliti dari Newcastle University, Inggris.

Setelah setengah jam minum teh hitam atau teh hijau, peneliti menemukan fakta bahwa aktivitas saraf manusia jadi meningkat. Hal ini terkait dengan peningkatan memori dan pengambilan keputusan.

Belum diketahui pasti apa penyebab kerja otak jadi meningkat, namun peneliti memprediksi kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh bernama flavonoid berperan atas hal ini seperti dilansir Daily Mail, Senin (4/5/2015).

"Adanya kenaikan signifikan dalam gelombang theta pasca minum teh merupakan peran teh dalam meningkatkan fungsi kognitif. Peningkatan meski kurang signifikan terjadi pada gelombang alfa dan beta yang terkait dengan kewaspadaan, memori dan penalaran logis," terang pemimpin studi dari Medicinal Plant Research Group dari Newcastle University, Edward Okello.

Okello pun menambahkan bahwa penemuan ini makin mempertegas aneka manfaat yang bisa didapatkan dari teh.

Pada penelitian sebelumnya didapatkan kesimpulan bahwa minum 3-4 cangkir teh setiap hari dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Serta mencegah diabetes tipe 2 dan mengurangi tingkat stres.

 

Baca Juga:

Teh Hitam, Tak Kalah Hebat dari Teh Hijau

5 Manfaat Teh Hitam dari Luar Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.