Sukses

Resep Hidup Lebih dari 100 Tahun, Apa Ya?

Juga menjaga tubuh tetap langsing dan minum kopi empat cangkir per hari rahasia panjang umur.

Liputan6.com, London - Menahan diri tidak merokok, menjaga tubuh tetap langsing, dan mengonsumsi kopi kurang dari empat cangkir per hari merupakan resep rahasia panjang umur hingga usia 100 tahun seperti diungkapkan peneliti dari University of Gothenburg.

Untuk bisa mendapatkan resep panjang umur tersebut, selama 50 tahun terakhir peneliti mengikuti gaya hidup sehat serta gaya hidup 855 laki-laki yang lahir pada tahun 1913 seperti dilansir Daily Mail, Senin (4/5/2015).

Ternyata ada 10 orang yang hidup hingga lebih dari 100 tahun dan ada kesamaan dalam kebiasaan hidup mereka. Yakni tidak merokok, minum kopi kurang dari empat cangkir per hari, bahagia, tekanan darah normal, jaga kadar kolesterol, tetap langsing, menjaga postur tubuh, sudah memiliki rumah di usia 50 tahun.

Lalu, peneliti pun menemukan bahwa mereka yang memiliki ibu hingga berusia 80 tahun juga bisa berumur panjang.

"Faktor genetik berpengaruh terhadap umur panjang, namun kami menemukan bahwa faktor ini lebih lemah dibandingkan faktor-faktor lainnya," terang peneliti yang terlibat selama 50 tahun, Dr Lars Wilhelmsen.

 

Baca Juga

Kunci Rahasia Panjang Umur Hingga 100 Tahun

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.