Sukses

7 Cara Mudah agar Tak Lagi Mendengkur Pas Tidur

Siapapun pelakunya, termasuk orangtua, pasangan atau tetangga yang mendengkur pasti suaranya akan menganggu.

Liputan6.com, Jakarta Siapapun pelakunya, termasuk orangtua, pasangan atau tetangga yang mendengkur pasti suaranya akan menganggu. Tapi tahukah Anda, sejumlah perubahan gaya hidup sederhana bisa mencegah dengkuran. Apa saja? Simak ulasannya, seperti dikutip Mirror, Senin (4/5/2015) berikut ini:

1. Menjaga berat badan yang sehat dan diet

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan mendengkur. Jaringan lemak di leher akan mengganggu jalan napas dan mencegah udara mengalir masuk dan keluar dengan bebas. Coba diet untuk meringankan mendengkur.

2. Tidur menyamping

Daripada terlentang, bagi Anda yang mendengkur coba tidur menyamping. Saat tidur telentang, lidah, dagu dan setiap jaringan lemak berlebih di bawah dagu Anda dapat menghambat saluran napas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berhenti merokok

3. Berhenti merokok

Asap rokok dapat mengiritasi rongga hidung dan tenggorokan sehingga menyebabkan sesak atau sulit bernapas. Mneghindari rokok adalah cara efektif untuk mengurangi dengkuran.

4. Coba obat over-the-counter

Sejumlah apotek biasanya memiliki alat untuk mengurangi dengkuran termasuk bantal, penutup hidung dan sebagainya.

5. Kunjungi dokter Anda

Jika Anda mendengkur terus, mungkin perlu untuk mencari bantuan medis. Tidakan operasi bisa dilakukan untuk memperbaiki saluran napas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mendengkur adalah salah satu jenis gangguan tidur yang cukup banyak dialami. Penderitanya sendiri bisa jadi tidak merasa terganggu.

    mendengkur

  • dengkuran

Video Terkini