Sukses

Wanita India Donasikan Organ Tubuh demi Selamatkan 6 Nyawa

Wanita 45 tahun asal India mendonasikan ginjal, liver, katup jantung, dan kornea matanya setelah dinyatakan otaknya tak berfungsi lagi.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita 45 tahun asal Hyderabad, India mendonasikan organ-organ tubuhnya setelah dinyatakan otaknya tidak berfungsi lagi.  Wanita bernama Lingampeta Sharada, yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian mengaku menderita sakit kepala. Dia kemudian dibawa ke rumah sakit setempat lalu dirujuk ke Global Hospital.

"Rumah sakit lokal tidak bisa menangani Lingampeta sehingga memberi rujukan berobat kepada kami. Tapi sebelum kami mulai menanganinya, kami mendapati otaknya telah berhenti berfungsi," ucap Dr Hirendranath dari Global Hospitals.

Hal itu tentu saja mengejutkan keluarga Lingampeta. Setelah berkonsultasi dengan tim dokter, mereka berbesar hati dan setuju untuk mendonasikan organ-organ tubuh Lingampeta, dilansir Medindia, Senin (4/5/2015). 

"Kami kehilangan ibu, tapi kesedihan kami akan berkurang saat berpilkir bahwa dia telah memberi hidup untuk enam orang lainnya. Ibu kami meninggalkan kami dan keluarga bersedih. Tapi kami bangga karena beliau membawa kebahagiaan utuk keluarga para penerima donor," ungkap Suresh, putra Lingampeta.  

Setelah melalui empat jam pembedahan, dokter menerima dua ginjal, liver, kornea dan katup jantung Lingampeta. Liver Lingampeta lantas ditransplantasikan untuk seorang pria usia 54 tahun asl Delhi. Kedua ginjalnya didonasikan masing-masing untuk seorang wanita 31 tahun dan pasien di Deccan Hospital. Sementara itu, kornea mata Lingampeta dikirim ke LV Prasad Eye Isntitute dan katup jantungnya ke Innova Hospital.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.