Sukses

Awas, Kesepian Bikin Badan Makin Melar

Selain itu bisa juga membuat stres, rentan depresi, tekanan darah naik dan mudah sakit.

Liputan6.com, London - Bagi Anda kaum hawa yang sering merasakan kesepian, awas berat badan melonjak. Menurut studi dari Ohio State University, wanita yang terisolasi sering merasa lapar dan makanan terkadang tak bisa memuaskan.

Dalam penelitian yang melibatkan 42 partisipan, nampak bahwa perempuan yang berpuasa seharian kemudian diberikan makanan pada pagi harinya dan ia merasakan kesepian hormon lapar lebih tinggi.

Rasa lapar dengan tingkat yang lebih tinggi pada kaum kesepian ini, menurut peneliti, merupakan sinyal tubuh ia sedang mencari seseorang yang mau menemaninya seperti dilansir Daily Mail, Minggu (3/5/2015).

"Mereka butuh koneksi sosial. Ini adalah hal manusiawi dan mendasar pada kehidupan manusia. Kala rasa lapar berlebih itu muncul karena tidak terkoneksi secara sosial," terang peneliti dalam jurnal Hormones and Behaviour ini.

Perlu diketahui juga, dampak buruk kesepian dari koneksi teman dan keluarga masih banyak lainnya. Seperti tekanan darah tinggi, stres, risiko depresi, sistem imun tubuh melemah yang membuat mudah sakit.

Kesendirian dan merasa tak dicintai oleh orang-orang di sekitar juga membuat sulit tidur dan mempercepat perkembangan penyakit Alzheimer.

 

Baca Juga:

Gawat! Kesepian Sama Buruknya Seperti Menghisap 15 Batang Rokok

Hati-hati, Kesepian Sebabkan 4 Dampak Buruk bagi Kesehatan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.