Sukses

Olahraga Apa yang Pas untuk Ibu Hamil?

Meski hamil, jangan batasi tubuh untuk aktif berolahraga. Ini daftar olahraga aman untuk ibu hami.

Liputan6.com, Jakarta Banyak ibu hamil yang membatasi aktivitas fisiknya karena takut membahayakan janin. Padahal tubuh tetap tubuh bergerak agar tubuh sehat dan bugar. Olahraga pun membuat ibu tidur lebih nyenyak, mengurangi stes, membantu melatih otot agar siap menjalani persalinan.

Namun tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh ibu hamil. Pilihlah olahraga yang aman seperti dikutip dari buku The Conny Method yang ditulis oleh Hipnoterapis Klinis serta ahli hypnobirthing Conny Widya Hermina dan Agus Wirajaya yang dikutip Jumat (1/5/2015) ini.

1. Berenang
Olahraga ini salah satu yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena pertambahan berat badan tidak menghalangi atau memperberat gerakan yang dilakukan. Gerakan renang yang dianjurkan adalah gaya dada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan kaki santai

2. Jalan kaki santai
Olahraga sederhana dan murah meriah karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Namun perlu diperhatikan bahwa saat hamil bentuk dan berat tubuh berubah yang menyebabkan keseimbangan ibu pun berubaha. Ibu harus hati-hati agar tidak jatuh.

3. Senam hamil
Olahraga ini sudah banyak dilakukan oleh ibu-ibu hamil di perkotaan. Biasanya gerakan fokus melatih pernapasan, otot bagian perut, panggul dan paha.

4. Yoga pranatal
Ini adalah yoga khusus ibu hamil karena gerakannya lembut. Yoga pranatal bisa dimulai sejak trisemester kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini