Sukses

5 Cara Lawan Pikiran Negatif yang Perintahkan Makan Terus

Mungkin sebagian dari Anda telah mengetahui bila pikiran kita terdiri dari pikiran sadar dan bawah sadar.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sebagian dari Anda telah mengetahui bila pikiran kita terdiri dari pikiran sadar dan bawah sadar. Pikiran bawah sadar biasanya dapat dikontrol melalui hipnosis sedangkan pikiran sadar ini yang agak sulit. Sebab program pikiran tergantung pada pikiran bawah sadar tapi yang memutuskan adalah pikiran sadar.

Untuk membuatnya lebih mudah dipahami, Hipnoterapis dan penulis buku Quantum Slimming, Kristin Liu, CCH mengatakan ada lima cara melawan pikiran negatif secara sadar, yaitu:

1. Figur Otoritas

Figur otoritas bisa mencakup orangtua, ayah, ibu atau dewasa lain yang dianggap kompeten di bidangnya. Kristin menyontohkan, ada seorang pasien jantung yang tidak mau berhenti merokok. Semua orang sudah berusaha menegurnya tapi tidak berhasil. Tapi ketika dokter mengatakan, 'Jika Anda ingin melihat anak dan istri Anda lebih lama, sebaiknya berhenti merokok, setelah itu pasien ini berhenti merokok.

"Begitulah kekuatan figur otoritas. Hidup menjadi menyenangkan baginya tanpa merokok. Nasihat itu berpengaruh bukan karena isinya tapi siapa yang mengatakannya. Ucapan ini berhasil menerobos faktor pikiran sadar tanpa berpikir panjang. Ajaib," kata Kristin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Repetisi



2. Repetisi

Ini yang menarik, ketika seseorang mengatakan diet itu susah, Anda tidak perlu memintanya untuk diet. Berbagi cerita saja mengenai kisah sukses diet. Karena ada tipe kepribadian yang tidak suka bila diberitahu.

3. Intensitas emosi yang tinggi

Ketika Anda memiliki suatu kondisi yang memicu emosi, hal ini akan memudahkan seseorang untuk diet. Misalnya, ketika Anda dan pasangan sedang berdua makan di sebuah restoran, ada lagu yang enak didengar. Lagu ini biasanya akan mengingatkan Anda ketika datang ke restoran itu. "Begitulah emosi, dia bisa menyentuh Anda hingga berubah."

3 dari 3 halaman

Identitas kelompok



4. Identitas kelompok

Jika ada satu orang saja di kelompok Anda yang tergila-gila pada makanan, sisa anggotanya bisa dipastikan akan terjangkit hal yang sama. Saat berpikir memiliki tubuh langsing, yang terpenting Anda ketahui adalah jangan sampai teman merusak impian Anda.

"Ada orang yang begitu mendambakan makanan. Dia tidak peduli seberapa buruk pengaruh makanan terhadap kesehatannya. Jadi mulailah temukan kelompok yang lebih membangun dan menyemangati Anda dalam menjalani pola hidup sehat.

5. Relaksasi pikiran

Saat seseorang mengalami relaksasi pikiran, faktor kritis pikiran sadarnya melemah. Relaksasi pikiran, secara alamiah sering terjadi di luar pengetahuan kita. Kita akan mengalami relaksasi pada saat tubuh lelah, menjelang tidur, mengantuk pada sore hari, melamun, sakit, bangun pada pagi hari tapi belum sadar benar sehingga pikiran kita terfokus pada satu hal. Di saat itu, memikirkan hal positif dapat membangun tubuh Anda agar bisa lebih sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.