Sukses

Bahaya Biarkan Bayi Tidur di Mobil

Anda yang gemar mendudukkan bayi di mobil entah dengan alat atau dengan bantuan alat duduk lain perlu mewaspadai peringatan ini.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang gemar mendudukkan bayi di mobil entah dengan alat atau dengan bantuan alat duduk lain perlu mewaspadai peringatan ini. Kebiasaan ini menurut para ahli justru membahayakan si bayi.

Karena dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Pediatrics, para ilmuwan menemukan adanya bayi yang meninggal meski diletakkan di tempat duduk khusus bayi di mobil.

Penelitian dilakukan dengan menyelidiki 47 kasus pada anak usia di bawah 2 tahun yang meninggal saat berada di tempat duduk khusus di mobil. Dalam banyak kasus, peneliti menemukan kasus kematian ini dalam keadaan tertidur.

"Saat bayi tertidur dan Anda tidak mengawasinya, lalu yang terjadi bisa macam-macam,"ujar peneliti Dr. Erich K.Batra, dari Penn State Milton s Hersehey Medical Center.

Ini artinya, tempat duduk khusus atau alat lain tidak direkomendasikan untuk tempat tidur bayi. Intinya sebenarnya lebih para persoalan pengawasan. Para ilmuwan menyarankan agar para orangtua tidak membiarkan begitu saja bayi di tempat duduknya entah dia sedang melek atau tertidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.