Sukses

5 Alasan Pentingnya Konsumsi Pisang Tiap Hari

Berikut manfaat buah pisang bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Anda yang kurang suka pisang, ada baiknya untuk mulai menyukai buah berwarna kuning ini karena kaya nutrisi dan manfaat. 

Satu buah pisang ukuran sedang (125 gram) mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat, 1 gram protein, serta vitamin dan mineral lainnya. Meski teksturnya lembut dan creamy, buah ini sama sekali tidak mengandung lemak, kolesterol dan sodium. Hebat bukan?

Berikut 5 manfaat buah pisang untuk kesehatan Anda, dilansir dari situs Instant Healthy Living, Rabu (29/4/2015): 

1. Mengurangi kembung dan konstipasi

Buah pisang mengandung pektin yang berfungsi meningkatkan pencernaan dan pelepasan racun dari tubuh sehingga mengurangi kembung. Kandungan serat dalam pisang juga merupakan pencahar alami yang menghindarkan kita dari sembelit. 

2. Mengurangi stres

Stres mengakibatkan berkurangnya potasium dalam tubuh. Mengonsumsi buah pisang dapat membuat potasium tubuh seimbang sehingga detak jantung menjadi normal, otak mendapat cukup asupan oksigen dan menjaga kandungan air dalam tubuh tetap optimal. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Tensi

3. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Mengonsumsi terlalu banyak sodium dan sedikit potasium berdampak negatif bagi tekanan darah. Kandungan potasium dalam pisang dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan potasium. Disarankan untuk memakan satu buah pisang setiap pagi jika Anda ingin menjaga tekanan darah tetap stabil.

4. Mengurangi gejala saat PMS

Kandungan potasium yang berlimpah dalam buah pisang bisa melancarkan retensi cairan dalam tubuh. Sedangkan vitamin B dan B6 dari buah pisang berpengaruh positif untuk mengurangi gejala PMS karena mengurangi rasa nyeri di perut dan dada serta mengakumulasi air dalam tubuh.

5. Ampuh mengatasi depresi

Triptofan yang terdapat dapam buah pisang memicu pembentukan hormon bahagia atau serotonin dalam tubuh. Satu buah pisang cukup untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh dan membuat Anda tenang dan bahagia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini