Sukses

5 Alasan Kenapa Tertawa Itu Penting

Tak perlu malu atau sungkan menyunggingkan bibir untuk tertawa. Manfaatnya sangat banyak.

Liputan6.com, New York- Menjalani hari-hari penuh dengan gelak tawa bisa membuat kehidupan jadi lebih ringan. Beban pekerjaan yang tadinya berat bisa berkurang gara-gara tertawa mendengar cerita lucu teman. Tak cuma kepenatan yang berkurang, ikatan sosial dengan teman pun lebih terjaga gara-gara gelak tawa.

Jadi, tak perlu malu-malu dengan tawa Anda. Tertawa lepaslah dan dapatkan manfaat tak terduga bagi kesehatan seperti dilansir Men's Health, Rabu (29/4/2015) berikut:

1. Bernapas jadi lebih baik
Saat tertawa, biasanya kita langsung tertawa saja tanpa memikirkan apa yang terjadi dalam tubuh. Tapi ternyata, peneliti mengungkapkan bahwa tertawa membuat seseorang jadi bernapas lebih baik. "90 persen tertawa melibatkan embusan napas dalam-dalam. Hal ini membuat denyut jantung dan tekanan darah menurun sehingga seseorang memasuki fase tenang. Ini alasan kenapa Anda merasa lebih lega pasca tertawa," terang profesor psikologi dari University of California, Dacher Keltner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikatan pernikahan lebih kuat

2. Ikatan pernikahan lebih kuat
Pilih mana, punya pasangan rupawan atau selera humor baik? Bila menurut psikolog John Gottman dari sebuah pusat konseling hubungan di Seattle, Amerika Serikat, pasangan yang sering melontarkan lelucon ringan dan sering berbagi tawa cenderung memiliki pernikahan yang lebih baik.

3. Selamat tinggal stres
Cukup dengan tertawa, tubuh menurunkan hormon stres dopac, kortisol dan epinephrine hasil penelitian dari Loma Linda University di California.

4. Terus sehat
Tidak hanya stres yang lepas saat Anda tertawa, tapi juga aneka penyakit. Orang yang tertawa 10-25 kali sehari lebih sedikit sakit dibandingkan mereka yang tertawa kurang dari itu seperti terungkap dalam studi tahun 2009 dalam International Journal of Medical Sciences.

5. Kinerja di kantor memuaskan
Rekan kerja Anda menyenangkan? Jika iya, selamat! Menurut Healthsurvey, pria yang memiliki rasa humor membuatnya bekerja lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini