Sukses

Agar Anak Tak Kurang Cairan, Coba 4 Cara Ini

Beginilah cara lindungi anak dari dehidrasi

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak rentan mengalami dehidrasi karena terlalu sering muntah, diare, demam, dan berkeringat. Bila dibanding orang dewasa, dehidrasi pada anak dapat berkembang dengan cepat dan berbahaya.

Untuk itu, orangtua harus tahu dan lebih sadar ketika musim panas tiba, ditambah lagi ketika orangtua memiliki seorang anak yang sangat aktif.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua untuk melindungi anak-anaknya dari dehidrasi seperti dikutip Boldsky pada Selasa (28/4/2015) : 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari bermain di luar



1. Hindari bermain di luar

Matahari sore membuat anak-anak berada pada risiko dehidrasi. Cobalah cegah anak bermain di luar ruangan pada sore hari, dan buatlah permainan menarik di dalam rumah.

2. Berikan sebotol air

Jika Anda tak tega membiarkan si kecil bermain di dalam rumah seorang diri, biarkan dia bermain di luar rumah dengan catatan berikan anak Anda sebotol air yang dapat dibawa ke mana saja. Dan pastikan si kecil menghabiskannya.

3. Cairan yang menarik

Seorang anak tidak akan tahu apa alasan orangtuanya memberikannya sebotol air. Tapi, jika Anda memberikan si kecil cairan yang menarik seperti ditambah limun, jeruk, air kelapa, mungkin dia akan meminumnya.

4. Berikan juga buah dengan kandungan air cukup besar

Kalau bisa, jangan hanya air saja yang orangtua berikan kepada si kecil untuk mencegahnya dari dehidrasi. Tapi, berikan juga beberapa jenis buah dengan kandungan air yang cukup tinggi seperti semangka, melon, dan mentimun.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini