Sukses

Makan Cokelat Bikin Langsing?

Ingin menurunkan berat badan lebih cepat? Makan cokelat hitam.

Liputan6.com, Jakarta Ingin menurunkan berat badan lebih cepat? Makan cokelat hitam. Serius, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Medicine Internasional menemukan, cokelat efektif saat diet.

Seperti diberitakan Prevention, Senin (27/4/2015) cokelat hitam (dark chocolate) telah dipercaya memiliki khasiat kesehatan selama bertahun-tahun. Menurut peneliti, senyawa flavonoid terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan serotonin dan tingkat endorfin di otak, serta menurunkan berat badan.

Untuk mengeksplorasi cokelat ini, peneliti dari Meinz, Jerman menempatkan peserta pada salah satu dari tiga diet rendah karbohidrat. Mereka diberikan cokelat hitam sebanyak 1,5 ons (81%) per hari.

Tiga minggu kemudian, kelompok rendah karbohidrat berhasil menurunkan berat badan selama 10 persen. "Seperti yang kami perkirakan, cokelat dapat membantu mereka mendapatkan bobot tubuh ideal. Hebatnya lagi, mereka yang mengonsumsi sebatang cokelat tiap hari bisa turun lebih cepat," kata penulis studi, Johannes Bohannon.

"Kakao mengandung banyak senyawa bioaktif yang mungkin berperan menurunkan berat badan. Tapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat reaksi metabolik," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini