Sukses

4 Cara Lindungi si Kecil dari Kekurangan Cairan

Bermain selama berjam-jam di bawah sinar matahari bisa menyebabkan si kecil mengalami dehidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Bermain selama berjam-jam di bawah sinar matahari bisa menyebabkan si kecil mengalami dehidrasi. Di sisi lain, anak harus bergerak aktif karena bagus untuk pertumbuhannya. Lantas bagaimana mencegah anak agar anak tidak dehidrasi?

Berikut ini ada beberapa solusi untuk mencegah dehidrasi pada si kecil. Tanpa memaksanya minum terus-menerus, trik ini mungkin bisa diterapkan di rumah. Simak ulasannya, seperti dikutip Boldsky, Senin (27/4/2015):

1. Jus buah

Membuat jus buah alami tanpa tambahan gula sangat baik untuk anak. Selain kaya vitamin, sejumlah buah yang banyak mengandung air seperti semangka bisa mencegah dehidrasi pada anak.

2. Bekali botol minum kemana pun

Memberikan sebotol air saat anak bermain juga bisa membantu mencegah dehidrasi. Bila anak menolaknya, setidaknya pastikan sebelum anak bermain, dia telah minum terlebih dahulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah buah



3. Tambahkan buah pada air putih

Seperti orang dewasa, coba menyajikan minuman agak berbeda. Seperti misalnya, tambahkan mentimun, jeruk pada air putih yang anak konsumsi.

4. Hindari perubahan suhu mendadak

Ketika duduk di dalam ruangan dalam cuaca panas, kita semua tergoda untuk beralih ke ruangan ber-AC. Perubahan mendadak ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh si kecil dan berisiko dehidrasi.

Kenali tanda-tanda dehidrasi pada anak seperti sulit buang air, mulut kering, terlihat lelah, kulit kering atau demam. Jika ini terjadi, segera berkonsultasi dengan dokter Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini