Sukses

Dengan Satu Lengan, Shanti Mendera Lihai Lakukan Yoga

Berawal dari keinginan kuatnya untuk menurunkan berat badan, Shanti Mendera mulai belajar yoga pada 2009.

Liputan6.com, Jakarta Berawal dari keinginan kuatnya untuk menurunkan berat badan, Shanti Mendera mulai belajar yoga pada 2009. Kini, perempuan yang memiliki satu lengan ini malah jatuh cinta dan telah menjadi instruktur senam olah tubuh tersebut.

"Yoga itu untuk semua orang. Bukan cuma untuk orang langsing, lentur dan cantik. Saya ingin mengubah mindset ini karena apapun kondisinya, bentuk tubuhnya, gender, asalkan mau melakukannya, yoga bisa dengan mudah dilakukan," kata Shanti pada wartawan, ditulis Senin (27/4/2015).

Shanti Mendera

Shanti bercerita bagaimana dulu ia merasa putus asa karena ingin menurunkan berat badan. Segala macam diet, aerobik, rpm dijalaninya. Tapi yang terjadi, tubuh menjadi mudah lelah dan stres. Entah apa yang salah, tapi ketika itu dia mencoba yoga Surya Namaskar.

"Beberapa pose yoga Surya Namaskar memang bisa menurunkan berat badan. Selama 6 tahun, berat badan saya yang tadinya 76 kg turun hingga 22 kg. Setiap bulan turun setengah kilogram. Sekarang berat badan saya stabil di 55 kg," kata perempuan yang telah menjadi instrukutur yoga di sejumlah perusahaan swasta sejak 2012 tersebut.

"Kalau mau belajar yoga itu jangan dipaksakan. Setiap badan punya kemampuan masing-masing. Latihan teratur, bisa meningkatkan kemampuan untuk lebih mencintai diri sendiri dan otomatis bersyukur apapun yang terjadi. Termasuk kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Dengan yoga, batin juga akan jauh lebih tenang dan jauh dari stres dan emosi," ungkapnya.

Shanti Mendera

Kendati demikian, ada beberapa gerakan yang sulit dilakukan Shanti. Tapi hal itu tidak jadi masalah. Menurutnya, dia bisa menggunakan alat bantu, misalnya dengan balok atau tali. "Di balik keterbatasan pasti ada jalan." tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini