Sukses

Haid Tak Teratur Bisa Bikin Perempuan Sulit Hamil

Siklus haid tidak teratur biasanya terkait masalah hormonal.

Liputan6.com, Jakarta Kemungkinan hamil sangat kecil bakal dialami perempuan yang siklus haidnya tidak teratur. "Siklus haid tidak teratur biasanya terkait masalah hormonal. Pada kondisi ini, tidak ada ovulasi di dalam siklus haidnya," kata Spesialis Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit MRCCC Siloam Jakarta, dr. Ardiansjah Dara, SpOG dalam memperingati `21 Tahun Kiranti, Sahabat Terbaik Wanita` di Jakarta, Kamis  (23/4/2015)

Dara melanjutkan, disebut tidak teratur apabila terjadi dalam rentang waktu lebih dari lima minggu, bahkan sampai berbulan-bulan. Padahal, masa haid dapat disebut teratur bila hari pertama haid dengan hari pertama haid selanjutnya hanya berjarak empat minggu.

"Tapi, kondisi ini tidak berlaku bagi remaja yang baru pertama kali haid. Alasannya haid mereka tidak teratur, karena kadar estrogen dan progesteron di tubuh belum normal," kata Dara menerangkan. Biasanya, siklus haid berjalan normal 3 sampai 5 tahun setelah haid pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini