Sukses

Nonton TV dan Baca Buku Ampuh Redakan Stres

Hal-hal sederhana seperti menonton televisi, main puzzle, mendengarkan musik hingga menjahit ampuh menurunkan tingkat stres.

Liputan6.com, New York- Tak perlu liburan jauh-jauh hingga luar negeri untuk menghilangkan stres. Hal-hal sederhana seperti menonton televisi, main puzzle, mendengarkan musik hingga menjahit ternyata obat ampuh pereda stres.

Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of California terhadap 115 peserta baik pria dan wanita dengan rentang usia 20 sampai 80 tahun.

Mereka diminta menggunakan sebuah alat yang mampu mengukur detak jantung saat beraktivitas. Para peneliti akan secara acak mewawancarai mereka dan meminta melakukan aktivitas ringan dan menceritakan pengalaman akan hal tersebut.

Ternyata, semua peserta langsung memiliki tingkat stres yang jauh lebih rendah ketika melakukan kegiatan rekreatif. Berdasarkan catatan peneliti, stres mampu berkurang 34 persen dan perasaan sedih menurun hingga 18 persen saat melakukan aktivitas rekreasi. Plus, detak jantung partisipan rata-rata berkurang tiga persen.

Menurut peneliti, sebenarnya hal ini mudah dipahami. Saat manusia melakukan hal-hal yang disukai, mereka cenderung lebih rileks dan bahagia. Jadi, aktivitas rekreasi perlu dilakukan setelah berjam-jam bekerja seperti dilansir Healthmeup, Kamis (22/4/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.