Sukses

`Warga` Griya PMI Berkebaya Peringati Hari Kartini

Empat puluh dua warga wanita penghuni Griya PMI berkebaya dan mengikuti berbagai lomba untuk peringati Hari Kartini.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya siswa-siswi maupun instansi pemerintah yang merayakan Hari Kartini pada 21 April kemarin. Berdasarkan keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com, Rabu (22/4/2015), warga wanita Griya PMI Surakarta pun ikut merayakannya. Warga, sebutan untuk penghuni Griya PMI ini merupakan pengidap gangguan jiwa yang dibina dan diasuh oleh PMI. 

Sumartono, Sekretaris PMI Surakarta, mengatakan sebanyak 42 warga wanita diberi pakaian kebaya untuk berkegiatan seperti bernyanyi, bercerita dan melakukan beberapa perlombaan kecil. “Peringatan Hari Kartini diperingati warga di sini dengan mendandani warga wanita dengan kebaya. Mereka kemudian diajak lomba memakai jarik (kain khas Jawa), merias wajah dan menyulam,” ujarnya di aula Griya di Jebres-Solo (21/4).

Tri Wuryanto, Kepala Markas PMI Surakarta menjelaskan acara yang dipandu oleh pengasuh dan staf PMI Surakarta ini berlangsung meriah dan penuh tawa. “Momentum peringatan ini menjadi salah satu metode pembinaan. Sosok RA. Kartini adalah wanita tangguh. Dengan mengingatnya, diharapkan mampu membantu daya ingat warga untuk pulih dan bisa kembali kehidupan yang normal,” jelas Tri.

Sri Mulyani, salah seorang warga binaan mengisahkan dirinya bisa berada di Griya PMI. “Saya dulu ditangkap Satpol PP, kemudian dibawa ke sini (Griya). Sekarang saya sudah betah, tapi pengin juga pulang ke rumah,” ujar warga Gemolong-Sragen yang semula mengalami gangguan jiwa namun kini sudah mulai pulih ingatannya. 

 

Baca juga:

Hari Kartini, Ikuti Deteksi Dini Kanker Serviks Serentak

Mufida Jusuf Kalla Bicara Kanker dalam Peringatan Hari Kartini

 

Hari Kartini, RS Pertamedika Pangkas Harga Skrining Pap Smear

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini