Sukses

Pil KB Bikin Gemuk? Anda Mungkin Keliru

Banyak wanita beranggapan, penggunaan pil KB bisa membuat gemuk.

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita beranggapan, penggunaan pil KB bisa membuat gemuk. Benarkah? Profesor Obsetri dan Ginekologi dari Universitas Indonesia, Biran Affandi mengatakan, penggunaan alat kontrasepsi cenderung membuat nyaman wanita. Jadi menurutnya, bukan pil yang membuat gemuk melainkan dampak psikologis wanita itu sendiri.

"Semua kontrasepsi juga bikin gemuk, apakah itu IUD, suntikan atau pil. Dengan itu, seorang wanita tidak mens lagi sehingga merasa hidup lebih aman dan lebih banyak makan. Jadi gemuk bukan efek langsung dari kontrasepsi," kata dokter yang juga konsultan program keluarga berencana di India, Cina, Malaysia dan sejumlah negara lain itu pada wartawan, Senin (20/4/2015).

Biran menambahkan, hormon estrogen yang ada dalam pil KB dapat mengikat garam dan cairan tubuh, sehingga bisa menyebabkan penambahan berat badan. Tetapi pil KB modern tidak memberikan efek kenaikan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini