Sukses

Mufida Jusuf Kalla Bicara Kanker dalam Peringatan Hari Kartini

Hj. Mufidah Jusuf Kalla membuka kegiatan program nasional pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia di Makassar.

Liputan6.com, Jakarta Tepat di Hari Kartini, Selasa (21/4/2015), Hj. Mufidah Jusuf Kalla, istri Wakil Presiden RI bersama rombongan istri Menteri Kabinet Kerja membuka kegiatan Pencanangan Program Nasional Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan di Indonesia di hadapan ribuan wanita di Puskesmas Batua Raya, Jalan Abdullah Daeng Sirua, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam teleconference dengan Iriana Joko Widodo, istri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Mufidah Jusuf Kalla mengungkapkan antusiasme masyarakat Sulsel, khususnya para wanita Sulsel, dalam menyukseskan program nasional tersebut.

"Alhamdulillah antusiasme masyarakat di sini sangat besar dalam sukseskan program ini. Khusus yang ada di dalam (tenda) ini, ada sekitar 250 wanita yang turut serta. Mereka sadar pentingnya upaya pencegahan dan deteksi dini kanker yang terus mengancam perempuan terutama bagi usia pernikahan dini," kata Mufidah sambil menjelaskan kondisi cuaca di Kota Makassar cerah sehingga kegiatan dapat berlangsung lancar tanpa hambatan.

Sambutan positif masyarakat Sulsel dalam menyukseskan kegiatan yang berlangsung di puskesmas percontohan di Kota Makassar tersebut tampak dirasakan juga oleh masyarakat provinsi lainnya. Hal itu bisa dilihat dalam teleconference yang menghubungkan 35 daerah lain yang juga serentak melaksanakan kegiatan ini.

"Alhamdulillah, semoga masyarakat, khususnya kaum perempuan, yang ada di seluruh Indonesia bisa berperan aktif dalam mencegah penyakit kanker dimulai sejak program nasional ini dijalankan. Kami sangat bersyukur antusiasme masyarakat begitu besar terhadap program ini. Sebagaimana yang kita lihat dalam teleconference ini," sambut Iriana Joko Widodo istri Presiden RI dalam teleconferencenya. 

(Eka Hakim)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.