Sukses

Imunisasi Tak Jalan, Negara Bisa Bangkrut

Kalau imunisasi dan vaksinasi berjalan lancar, negara tak akan terbebani penyakit yang dapat dicegah dengan langkah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganggap imunisasi sebagai penyelamat jiwa anak. Kalau imunisasi tidak berjalan semestinya, apa pun jenis asuransi di masa depan akan bangkrut.

"Jika imunisasi babak belur, dan semua penyakit yang sebenarnya bisa hilang dengan imunisasi itu ada, asuransi atau BPJS mana pun (akan) bangkrut. Negara ini (akan) bangkrut," kata Ketua Umum Dr Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K) di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (20/4/2015)

Dengan kata lain, terang Aman, imunisasi dapat menyelamatkan bangsa.

Saat ini, penderita penyakit yang dapat disembuhkan dengan imunisasi seperti pneumonia, diare, dan HIV AIDS masih cukup banyak. Maka itu, andai imunisasi dan vaksinasi berjalan lancar, negara tidak akan terbebani karena penyakit-penyakit tersebut.

"Malah imunisasi itu harus jadi kebanggaan ke depannya. Jadi, rencananya, bakal ada sertifikat buat imunisasi 9 bulan, 2 tahun, dan 5 tahun. Kalau perlu, ketika si anak masuk sekolah harus lengkap imunisasinya," kata Aman menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.