Sukses

Minum Teh Manis Ternyata Bisa Atasi Stres

Meski mengandung kalori tinggi, teh manis ternyata bisa jadi alternatif untuk mengatasi stres.

Liputan6.com, Jakarta Meski teh manis mengandung kalori tinggi, tapi minuman ini ternyata bisa jadi alternatif mengatasi stres. Demikian penelitian dari para ilmuwan di University of California, Amerika Serikat membuktikan. Mereka menemukan, konsumsi teh manis bisa menekan hormon kortisol yang dilepaskan tubuh ketika stres.

Salah seorang penulis studi Dr. Kevin Laugero mengatakan, penelitian ini melibatkan 19 wanita berusia antara 18 dan 40 tahun. Sebagian kelompok diberi minuman manis usai sarapan, makan siang dan makan malam selama 12 hari. Sedangkan sebagian lagi diberi pemanis buatan atau aspartam.

Para relawan diminta untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis lainnya, termasuk jus buah, di luar waktu tersebut. Selama penelitian, para wanita itu diberi tes matematika dan menjalani pemindaian dengan MRI untuk mengukur respon otak terhadap stres. sampel air liur juga digunakan untuk mengukur kadar kortisol. Hasilnya cukup mengejutkan.

"Mungkin minuman manis bisa menekan stres, namun gula menimbulkan efek merugikan, seperti obesitas. Kami khawatir, stres psikologis atas emosional bisa memicu orang-orang mengonsumsi gula berlebihan," kata Laugero, seperti dikutip Dailymail, Senin (20/4/2015).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini