Sukses

Kandungan ASI Ampuh Cegah Anak Derita Alergi

Manfaat air susu ibu (ASI) begitu besar bagi si kecil. Salah satunya, ampuh cegah anak terhindar dari alergi

Liputan6.com, Jakarta - Air susu ibu (ASI) mengandung sistem kekebalan tubuh ibu yang bila masuk ke tubuh si kecil dapat membantu dia terhindar dari alergi. Jadi, bagi perempuan pengidap alergi namun tak ingin hal serupa terjadi pada si kecil kelak, maka berilah ASI eksklusif.

Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), DR dr Zakiudin Munasir, SpA(K) menjelaskan pencegahan primer paling sederhana dengan memberi ASI eksklusif di enam bulan pertam kehidupan, karena kandungan ASI yang begitu besar.

"Namun, pada beberapa kasus di mana si ibu tidak dapat memberikan ASI, maka dapat diberikan formula khusus," kata Zakiudin dalam diskusi bertajuk `Morinaga Allergy Week` di Kalcare, Lotte Shopping Avenue, Mega Kuningan, Jakarta ditulis Sabtu (18/4/2015)

Ikatan Dokter Anak Indonesia, lanjut Zaki, merekomendasikan penggunaan formula hidrolisat ekstensif kasein untuk mengurangi risiko alergi pada bayi yang memang tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif.

Zaki mengingatkan agar ibu tidak langsung mengklaim si kecil alergi ASI hanya karena dia menunjukan reaksi alergi setelah meminum ASI.

"Cari tahu dulu pencetus dan pemicu alergi si bayi. Bisa jadi bukan ASI, melainkan zat makanan yang dikonsumsi si ibu. Contohnya alergi telur. Si anak kan belum makan telur, tapi karena si ibunya makan dan zat dari telur bisa masuk melalui ASI, di situlah si kecil menunjukkan reaksi alergi yang seakan-akan dia alergi ASI," kata Zaki menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini