Sukses

Usai Melahirkan, Mungkinkah Kembali Dapatkan Perut Rata?

Salah satu hal yang mungkin ditakuti para ibu seusai melahirkan adalah kondisi tubuh terutama bagian perut menjadi kendur

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang mungkin ditakuti para ibu seusai melahirkan adalah kondisi tubuhnya terutama bagian perut menjadi kendur. Ada beberapa ibu yang membiarkan hal ini begitu saja, tapi ada juga yang sangat peduli sampai-sampai lemak di perut yang menggelambir pasca melahirkan jadi hal yang ditakuti.

Menurut pelatih dan juru bicara American Acedemy of Nutriition and Dietetics, Allisa Rumsey, tidak semua ibu dapat dengan mudah kembali mendapatkan perut rata seperti sebelum melahirkan. "Gen dan tingkat kebugaran sebelum kehamilan memberi peran. Sejumlah kecil perempuan bisa mendapatkan perut rata kembali, namun sebagian besar perlu waktu atau bisa jadi hal itu tidak akan terjadi."

Butuh waktu lama untuk mengembalikan bentuk perut seperti sebelum melahirkan sebenarnya dapat diterima bila mengingat waktu yang dibutuhkan bayi untuk berkembang selama di perut. "Butuh waktu sembilan bulan bagi bayi untuk hidup di perut. Untuk mengembalikannya lagi pun sangat masuk akal jika membutuhkan waktu lama agar perut kembali seperti sebelum melahirkan," terangnya seperti dilansir Women's Health, Kamis (16/3/2015).

Ramsey mengingatkan bahwa hal ini bisa terjadi bila kenaikan berat badan saat melahirkan mencapai 12-15 kg. Jika lebih dari itu mungkin lemak sudah disimpan tubuh menjadi lemak visceral (lemak yang berada di sekeliling organ dalam manusia). Menurut Rumsey, lemak jenis ini lebih sulit dibakar dibanding lemak tubuh di sekitar kulit.

Tapi tak perlu takut akan hal ini, asalkan menjaga gaya hidup sehat dengan memilih makanan sehat serta berolahraga setelah masa nifas bisa membuat tubuh sedikit terbentuk. Dan yang pasti Anda jadi lebih sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.