Sukses

Depresi dan Diabetes Bikin Pikun

Sebuah penelitian di Amerika menemukan, depresi dan diabetes bisa meningkatkan risiko demensia hingga 80 persen.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian di Amerika menemukan, depresi dan diabetes bisa meningkatkan risiko demensia hingga 80 persen. Tim dari University of Washington School of Medicine ini memperhatikan 2,4 juta orang Denmark sehat yang berusia 50 tahun keatas dari 2007 hingga 2013.

Hasilnya cukup mengejutkan, secara keseluruhan, 19,4 persen orang depresi, 9,1 persen menderita diabetes tipe 2, dan 3,9 persen yang didiagnosa menderita diabetes dan depresi ternyata berisiko demensia.

"Memiliki diabetes sama dengan 20 persen berisiko demensia, sedangkan depresi dikaitkan dengan 83 persen risiko yang lebih tinggi. Jika memiliki depresi dan diabetes sekaligus, risiko demensia mencapai 117 persen," kata salah satu peneliti, Dr Davydow pada Dailymail, Kamis (16/4/2015).

Yang menarik, penelitian yang dipublikasikan secara online oleh jurnal JAMA Psychiatry ini menunjukkan, olahraga teratur, diet sehat, latihan otak dan kegiatan sosial bisa menurunkan risiko demensia hingga 25 persen.

"Mengingat beban masyarakat akibat penyakit kronis begitu tinggi, diperlukan intervensi untuk mencegah komplikasi," katanya.

Dr Doug Brown dari Alzheimer Society mengatakan, penelitian ini dapat membantu perubahan kebijakan kesehatan yang mengarah pada pencegahan. "Kami tidak ingin melihat orang diabetes atau depresi mengalami demensia. Untuk mencegahnya, hubungi dokter Anda dan jaga berat badan yang sehat dan tidak merokok."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dementia sering disalahartikan sebagai penyakit pikun. Namun sebenarnya, demensia bukanlah penyakit melainkan gejala suatu penyakit.

    Demensia

  • Pikun

Video Terkini