Sukses

Berapa Banyak Konsumsi Gula Tiap Hari?

Lantas berapa banyak sebenarnya kebutuhan gula per hari?

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya ancaman obesitas, kelebihan konsumsi gula bisa mengakibatkan risiko jantung dan diabetes. Lantas berapa banyak sebenarnya kebutuhan gula per hari?

Menurut Pakar Nutrisi, Emilia E Achmadi, Kebutuhan gula per hari bisa dihitung mengacu pada diet 2.000 kalori. Biasanya, 1.000 kalori telah terpenuhi dari karbohidrat. Dan 20 persennya, kebutuhan gula harus terpenuhi.

"Rata-rata orang membutuhkan asupan gula ekstra hanya 50 gram atau sekitar 4 sdm per hari. Kebutuhan ini bisa didapat dari mana saja termasuk buah," kata Emilia saat acara peluncuran Tarami Fruitmarket di XXI Club, Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Intinya, kata dia, masyarakat harus cermat pada label kemasan. "Harus tahu berapa kebutuhannya. Porsi kalori dalam kemasan ini mendidik masyarakat agar mengetahui kecukupan atau keseimbangan nutrisi serta mencegah berbagai penyakit."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini