Sukses

Ini Alasannya Kita Perlu Sayur dan Buah Tiap Hari

Apa sebenarnya manfaat makan buah dan sayuran?

Liputan6.com, Jakarta - Mengapa kita perlu mengonsumsi sayur dan buah setiap hari? Pertanyaan ini kerap terlontar dari semua orang dan tak jarang yang menganggapnya sepele.

Pakar nutrisi Emilia E Achamdi menanggapinya. Dia mengatakan, apapun alasannya setiap orang butuh sayur dan buah. Sebab keduanya bukan hanya mengandung nutrisi tapi juga serat yang membantu sistem pencernaan.

"Baik mau menurunkan berat badan, mau mengecilkan lambung, menurunkan gula darah, apapun semua butuh sayur dan buah. Keduanya punya serat sehingga orang bisa kenyang lebih lama tanpa khawatir jumlah kalorinya," kata Emilia di sela-sela peluncuran Tarami Fruitmarket di XXI Club, Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Emilia menyontohkan, dalam satu buah apel terdapat 80 kalori. Sedangkan tahu goreng 150-200 kalori dan tak cukup satu. "Ini menunjukkan kombinasi volume dan kalori gorengan tidak sehat. Sedangkan makan 1 apel bisa kenyang. Pilih mana?," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.