Sukses

Diabetes Saat Hamil, Bayi Berpotensi Autis

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa perempuan yang mengalami diabetes di awal kehamilannya berpotensi melahirkan anak dengan autisme.

Liputan6.com, New York- Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa perempuan yang mengalami diabetes saat hamil berpotensi melahirkan anak dengan autisme.

Risiko anak mengalami autisme terjadi ketika ibu mengalami diabetes gestasional pada periode perkembangan otak di janin. Diabetes gestasional merupakan suatu kondisi medis ditandai dengan peningkatan gula darah tinggi yang menetap sewaktu kehamilan pada wanita yang sebelumnya tidak menderita diabetes sebelum hamil.

Belum diketahui pasti mengapa hal ini terkait, peneliti menduga bahwa paparan gula darah yang tinggi menganggu perkembangan otak janin terutama di daerah otak yang mengatur komunikasi dan perilaku sosial seperti yang diungkapkan penulis studi dari Kaiser Permanente Fontana, California, dokter Edward Curry.

Studi ini dilakukan terhadap 322.000 bayi yang lahir dari tahun 1995-2010. Ibu yang mengidap diabetes pada minggu ke 26 kehamilan sekitar 40 persen bayi yang dilahirkan mengalami autisme dibandingkan ibu yang tidak mengalami diabetes.

Dari angka itu, 3.400 anak dengan autisme, 130 diantaranya sang ibu mengalami diabetes pada saat kehamilan seperti dilansir laman Time, Rabu (15/4/2015).

Melihat hasil penelitian ini, Curry dan rekan mengingatkan kepada para ibu untuk melakukan pemeriksaan kehamilan selama kehamilan, termasuk skrinin diabetes dan pengobatan di awal kehamilan. Namun dibutuhkan peneletian lebih lanjut untuk mengetahui apakah pengobatan diabetes gestasional mengurangi risiko autisme.

 


Baca Juga:

Ancaman Diabetes Saat Hamil, Bisa Dicegah Dengan Cara Ini

Kontrol Tensi Saat Hamil Cegah Anak Derita Diabetes

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini