Sukses

Sikat Lidah Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Kanker

Menyikat gigi memang rutinitas setiap hari, tapi jangan lupa menyikat lidah Anda juga

Liputan6.com, Jakarta Menyikat gigi memang rutinitas setiap hari, tapi jangan lupa menyikat lidah Anda juga. Sebab lidah yang kotor bukan hanya mengakibatkan kehilangan rasa tapi juga sariawan, oral candidodis (lapisan putih), hingga kanker.

Seperti disampaikan Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed FICD Lab BioCORE bahwa rongga mulut itu bukan hanya gigi yang dibersihkan tapi gusi, mukosa (langit-langit mulut) dan lidah.

"Lidah memiliki bulu halus yang bisa dilihat mikroskop yang berfungsi sebagai sensor pengecap. Jadi bayangkan, kalau tidak dibersihkan, kita akan kehilangan rasa dan risiko penyakit berbahaya," kata dokter dari Fakultas Kedokteran Gigi Trisakti tersebut di acara edukasi Formula Kesehatan Gigi dan Mulut di Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Sayangnya, kata Melanie, kebersihkan lidah seringkali terabaikan sehingga tanpa disadari kita kehilangan sensor rasa. "Sebaiknya sikat lidah dengan sikat gigi yang lembut. Usahakan gunakan sikat gigi dengan ujung yang kecil sehingga mudah membersihkan lidah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini