Sukses

Kenali Gejala Kanker dari Sariawan

Jangan pernah sepelekan sariawan yang tidak kunjung sembuh berbulan-bulan.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang mungkin pernah sariawan. Tapi jangan pernah sepelekan sariawan yang tidak kunjung sembuh berbulan-bulan. Sebab bisa jadi, itu adalah tanda kanker.

Seperti disampaikan Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed FICD Lab BioCORE dari Fakultas Kedokteran Gigi Trisakti bahwa sariawan yang terus menerus di tempat yang sama mungkin tanda kanker mulut.

"Sariawan terjadi karena sel permukaan rongga mulut tidak bisa berfungsi secara normal. Kalau ada bagian mulut luka, harusnya bisa menutup lagi. Tapi ini makin lebar, terus menerus hinga berbulan-bulan. Waspadai, kemungkinan kanker," katanya saat ditemui wartawan di kampanye edukasi Formula di Double Tree, Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Dokter asal Riau ini menambahkan, kanker biasanya bersumber dari lambung. "Jaga kesehatan gigi dan mulut sehingga makanan bisa dicerna dengan baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sariawan adalah peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut.

    Sariawan

  • Kanker mulut merupakan semua bentuk keganasan sel ganas yang timbul dari daerah bibir, rongga mulut, gusi, lidah, orofaring, juga hipofaring

    Kanker Mulut