Sukses

6 Bahaya Terlalu Sering Makan Popcorn

Kita harus waspada bila ingin menyantap seporsi popcorn yang diolah secara modern

Liputan6.com, Jakarta Ada yang kurang bila saat nonton film di bioskop tanpa ditemani sekantong popcorn atau berondong jagung. Tapi, kita harus waspada bila ingin menyantap seporsi popcorn yang diolah secara modern dengan microwave, sebab bahan makanan ini mengandung cukup banyak zat kimia penyebab kanker. 

Berikut alasan popcorn yang dipanaskan di microwave tidak baik bagi kesehatan, seperti dikutip Boldsky pada Senin (13/4/2015)

1. PFOA

Saat proses pembuatan, popcron dibuat di dalam secarik kantong berseger yang dilapisi bahan kimia yang disebut PFOA. Satu penelitian menunjukkan PFOA merupakan bahan kimia bersifat karsinogenik. Bila dikonsumsi jangka panjang, menyebabkan kanker.

2. Diacetyl

Bahan kimia diacetyl digunakan untuk memberi rasa mentega.

3. TBHQ

TBHQ adalah pengawet paling umum, yang paling sering ditemukan di dalam makanan ringan. 

4. Sakit paru-paru

Akibat adanya diacetyl, tubuh akan memprosesnya, yang tak jarang membuat kita sulit bernapas.

5. Tinggi garam dan lemak jenuh

Popcorn mengandung kadar garam yang tinggi. Selain itu, mentega yang terkadang digunakan mengandung lemak jenuh cukup tinggi.

6. Masalah pencernaan

Popcorn mengiritas saluran pencernaan. Bila terlalu sering, maka pencernaan dalam bahaya, dan kita membutuhkan makanan tinggi serat agar pencernaan berfungsi seperti semula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.