Sukses

7 Nutrisi Penting bagi Tumbuh Kembang si Kecil

Membiasakannya mengonsumsi makanan sehat sejak kecil berpengaruh terhadap kesehatannya jangka panjang.

Liputan6.com, New York- Membiasakannya mengonsumsi makanan sehat sejak kecil berpengaruh terhadap kesehatannya jangka panjang. Tentu sebagai orangtua Anda tak ingin asal memberikan makanan pada si Kecil. Berikut tujuh kandungan nutrisi penting dan sumber makanan terbaik untuk tumbuh kembangnya seperti dilansir Healthmeup, Selasa (14/4/2015).


1. Protein
Protein diperlukan tubuh anak untuk membangun sel, mengubah makanan menjadi energi, mencegah anak terserang infeksi. Apa makanan kaya protein yang biasa Anda berikan? Daging tanpa lemak, susu, ikan , telur, kacang dan kedelai contoh sumber protein yang baik untuk si Kecil.

2. Karbohidrat
Berikan asupan karbohidrat secukupnya pada anak karena nutrisi ini penting sebagai sumber energi anak. Nasi dan roti putih merupakan salah satu contoh karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini mengandung kadar gula tinggi, ketika dicerna akan langsung menjadi energi dengan cepat dan meningkatkan kadar gula darah. 
Lebih baik berikan karbohidrat kompleks yang kaya serat seperti nasi yang berasal dari beras merah, roti gandum, kentang rebus, sereal gandum, bubur oatmeal.

Beras merah kaya dengan vitamin B yang sangat diperlukan untuk menjaga sistem saraf .

3. Lemak
Lemak merupakan sumber energi yang baik bagi anak namun pilih sumber lemak yang sehat ya. Seperti daging, ikan, kacang dan minyak nabati.

4. Kalsium
Untuk mendapatkan tulang  dan gigi yang sehat, asupan kalsium wajib dipenuhi. Kalsium juga dibutuhkan saraf, otot dan jantung. Sumber kalsium bisa didapatkan dari susu, yohgurt, keju, es krim, sayuran hijau gelap.

5. Zat besi
Zat besi dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin dan mioglobin. Makanan yang kaya zat besi diantaranya adalah daging merah, hati, daging unggas, bayam, oat, dan kacang.

6. Serat
Meski letaknya di akhir, jangan lupakan ya untuk memberikan makanan kaya serat pada buah hati. Serat membuat usus bekerja lebih baik serta mengurangi penyakit jantung dan kanker di masa depan. Makanan kaya serat diantaranya buah dan sayur, jagung, lentil, dan kacang.

Buah-buahan merupakan pilihan yang tepat untuk sarapan.

7. Folat
Tak cuma ibu hamil yang membutuhkan, anak-anak juga butuh untuk membantu perkembangan fungsi sel anak yang sehat. Makanan kaya folat bisa didapatkan dari lentil, kacang-kacangan, sayuran hijau berwarna gelap seperti brokoli dan bayam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini