Sukses

Doyan Jajan Bikin Tensi Stabil, Bebas Darah Tinggi

Darah tinggi dapat terjadi pada siapa saja, terutama Anda yang gemar makan di luar, ketimbang masak sendiri di rumah

Liputan6.com, Jakarta - Sebenarnya, sangat mudah menghindari risiko darah tinggi. Anda dapat mencegahnya dengan tidak terlalu sering makan di luar rumah. Penelitian terbaru menemukan, mereka yang doyan menyantap hidangan di restoran yang identik dengan tinggi kalori, lemak jenuh, serta asupan garam, berisiko tinggi menderita darah tinggi alias tensi tinggi.

Menggunakan analisis statistik, peneliti mengamati 501 mahasiswa di Singapura usia 18 sampai 40 tahun sebagai subyek penelitian. Para ilmuwan memeriksa tekanan darah, indeks massa tubuh (BMI), serta gaya hidup dan menemukan 27,4 persennya menderita pra-hipertensi. 38 persen dari mereka gemar makan di luar rumah 12 kali dalam seminggu.

Baca juga : Pembunuh Senyap Itu Bernama Hipertensi

Peneliti dari Duke-NUS Graduate Medical School Singapore, Profesor Tazeen Jafar, mengatakan penelitian ini menunjukkan individu yang rentan mengalami darah tinggi cenderung makan lebih banyak di luar rumah ketimbang meracik sendiri makanan yang akan disantap di rumah. Ditambah lagi kurangnya aktivitas fisik dan aktivitas merokok, membuat indeks massa tubuh (BMI) cukup tinggi.

Dikutip dari situs Daily Mail, Senin (13/4/2015), Jafar mengatakan penelitian ini juga untuk melihat bagaimana risiko darah tinggi bagi penduduk di Asia Tenggara. Menurut Jaffar, jarang sekali penelitian tentang darah tinggi melibatkan individu di Asia Tenggara, yang pola hidupnya hampir sama seperti di Amerika.

Baca juga : Jangan Abaikan Tekanan Darah 120 per 80

"Penelitian yang kami lakukan menyoroti bagaimana faktor gaya hidup berkaitan erat dengan darah tinggi, yang berlaku untuk individu dewasa muda secara global, terutama keturunan dewasa," kata Jafar menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini