Sukses

Trik Atasi Stres dalam 60 Detik

Stres berat bukan hanya bisa membuat gangguan mental, tapi juga risiko stroke.

Liputan6.com, Jakarta Stres berat bukan hanya bisa membuat gangguan mental, tapi juga risiko stroke. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan peneliti dari Universitas Minnesota menyebutkan, stres bisa meningkatkan risiko stroke hingga 59 persen.

Seperti dikutip Menshealth, Senin (13/4/2015) penulis penelitian menemukan, aktivasi stres memicu respon inflamasi dalam tubuh, hingga menghambat aliran darah ke otak.

Untuk menghindari risiko ini, tentu akan lebih baik bagi kita untuk menghindari stre. Lantas bagaimana caranya? Profesor Psikiatri di David Geffen School of Medicine, UCLA, Michael Irwin, Ph.D memberikankiat atasi stres dengan cara mudah. Simak ulasannya berikut ini:

60 detik

Atur alarm selama 60 detik. Tutup mata Anda dan bernapas dalam-dalam. "Ini meditasi versi kilat yang dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur," kata Irwin.

15 menit

Regangkan tangan ke depan, atas dan belakang serta lenturkan punggung. Jaga setiap pose ini sambil mengambil napas dalam-dalam hingga 15 menit. Akhiri dengan duduk dan bernapas dengan mata tertutup.

Peneliti di Australia menemukan, peregangan selama lima belas menit sambil duduk bisa mengurangi stres hingga13 persen lebih.

30 menit

Hanya 30 menit latihan aerobik, dapat mengurangi stres. Sebuah penelitian dari Maryland membuktikan, mengeluarkan keringat saat olahraga dapat melindungi Anda dari dampak negatif stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.