Sukses

8 Makanan Wajib Konsumsi untuk Hidup Hingga 100 Tahun

Hidup hingga 100 tahun biasa terjadi pada masyarakat Sardinia. Salah satu kuncinya pada asupan makanan mereka.

Liputan6.com, New York- Bisa hidup hingga 100 tahun di masa sekarang merupakan hal langka terjadi. Namun, hal ini banyak terjadi bagi warga yang tinggal di Sardinia, Italia. Salah satu kuncinya kebiasaan makan dan minum mereka.

Penulis buku "The Blue Zones Solution: Eating and Living Like the World's Healthiest People", Dan Buettner dan juga peneliti senior dari University of Sassari, Italia mengungkapkan bahwa makanan yang berasal dari tumbuhan jadi kebiasaan mereka.

Berikut delapan makanan dan minuman yang dikonsumsi warga Sardinia seperti dilansir dari laman Today, Sabtu (11/4/2015).

1. Susu kambing dan domba
Bila sebagian besar masyarakat dunia mengonsumsi susu sapi, warga Sardinia mengonsumsi susu kambing dan domba. Kedua jenis susu ini lebih tinggi gizi dan lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi.

Sebuah penelitian dari European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa susu domba dan kambung menunjukkan rendah kolesterol jahat serta dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker usus besar.

Tinggi kalsium dan fosfor dalam kedua jenis susu ini membuat warga Sardinia memiliki tulang yang padat sehingga menghindarkan mereka dari risiko patah tulang. Lalu, warga Sardinia memanfaatkan susu domba menjadi keju yang kaya asam lemak omega-3.

2. Carta di musica
Ini adalah sejenis roti tawar dan kering yang mengandung protein tinggi serta tinggi serat yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

3. Barley
Barley adalah salah satu jenis gandum yang rendah kalori, kaya akan vitamin dan nutrisi, serta tinggi akan serat. Oleh masyarakat Sardinia, makanan ini diubah menjadi tepung. Yang akan dikonsumsi pada sup.

4. Fennel
Fennel merupakan salah satu bentuk sayuran yang sering digunakan oleh masyarakat Sardinia sebagai bumbu, sayur, dan herbal. Sayuran ini kaya serta dan Vitamin A, B, C dan juga mampu menjaga tekanan darah tetap baik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tomat - Wine

5. Kacang dan buncis
Masyarakat Sardania gemar sekali mengonsumsi kedua makanan kaya protein dan serat ini. Ini adalah makanan penting yang berpengaruh kepada usia panjang umur mereka.

6. Tomat
Saus tomat biasa dituangkan di atas roti, piza dan pasta. Sayur yang satu ini kaya Vitamin C dan kalium serta likopen dan antioksidan. Mereka juga gemar menyatap tomat segar yang baik membantu sistem metabolisme tubuh.

7. Almond
Anda suka kacang yang satu ini? Masyarakat Sardinia pun iya. Mereka tidak hanya menjadikan almond sebagai camilan tapi juga ditambahkan dalam aneka makanan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa almond baik untuk menurunkan berat badan serta menurunkan tekanan darah.

Makan almond satu genggam setiap hari, ternyata juga bisa membuat jantung sehat.

8. Wine
Rata-rata masyarkat Sardinia mengonsumsi tiga-empat gelas kecil anggur per hari, pada saat sarapan, makan siang, makan malam. Konsumsi anggur dalam porsi sedikit bnisa membuat jantung jadi lebih sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini